HUBUNGAN KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE DENGAN PERILAKU AGRESIF PELAJAR PADA SMA NEGERI 6 HALMAHERA UTARA
DOI:
https://doi.org/10.55984/leleani.v4i1.194Kata Kunci:
kecanduan bermain game online, perilaku agresif, Halmahera UtaraAbstrak
Perkembangan teknologi yang semakin canggih semakin mempermudah dalam melakukan segala aktivitas dan memberikan hiburan seperti game online yang dapat menimbulkan perilaku agresif yang bertujuan untuk mendominasi atau merusak benda atau pun secara fisik atau secara verbal. Agresif meliputih kekerasan yang dilakukan secara fisik, seperti memukul, mendorong, berkelahi dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecanduan bermain game online dengan perilaku agresif pada pelajar di SMA Negeri 6 Halmahera Utara. Metode penelitian mengunakan metode kuantitatif, korelasi dengan pendekatan cross sectional dengan Teknik sampling proportional stratified random sampling dalam jumlah sampel 277 responden. Instrument yang digunakan berupa kuesioner game online dan kuesioner perilaku agresif. Hasil penelitian berdasatkan jenis kelamin responden di dominasi oleh Perempuan 185 (67%), berdasarkan usia responden berada dalam rentang usia 15-16 tahun 176 (64%), skor nilai kecanduan game online pada pelajar di SMA Negeri 6 Halmahera Utara berada pada kategori kecanduan berat dengan rentang skor >21 frekuensi 277 (100%), sedangkan perilaku agresif berada pada kategeri tinggi dengan rentang skor 50≤ frekuensi 198 (71,48%). Hasil analisis hubungan dengan mengunakan uji korelasi di dapatkan nilai p-vulue sebesar 0.000(p-vulue<0.05) sehingga dapat di simplakn bahwa ada hubungan antara kecanduan game online dengan perilaku agresi pada pelajar di SMA Negeri 6 Halmahera Utara.
Referensi
Abdi, Sofyan, dan Yeni Karneli. 2020. Kecanduan Game Online : Penanganannya dalam Konseling Individu. https://uia.e-journal.id /guidance.
Adia, Putma Nur Hayyi. 2022. Hubungan Kecanduan Game Online dengan Agresif Pada Siswa SMA AL-ISLAM 1 Surakarta.
Amanda, Rika Agustina. 2016. Pengaruh Game Online Terhadap Perubahan Perilaku Agresif Remaja di Samarinda.
Dewi,S.K, dkk. 2015. Children’s Aggressive Behavior Tendency in Central Java Coastal Region: The Role of Parent-Child Interaction, Father’s Affection and Media Exposure. Procedia Environmental Sciences 23 ( 2015 ) 192 – 198.
Dihni, Vika Azkiya. 2022. “Jumlah Gamers Indonesia Terbanyak Ketiga di Dunia.” databooks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/02/16/jumlah-gamers-indonesia-terbanyak-ketiga-di-dunia.
Geandra Ferdiansa, Neviyarni. 2020. “Analisis Perilaku Agresif Siswa.” Jurnal Riset Tindakan Indonesia 5(2): 8–12.
Jap, dkk. 2013. The Development of Indonesian Online Game Addiction Questionnaire. PLOS ONE. Volume 8, Issue 4.
Kosanke, Robert M. 2019. “Metode Penelitian Etika Penelitian.”
Pamor Oktalia, Trimawati dan Abdul Wakhid. 2020. “Hubungan Kecanduan Game Online dengan Perilaku Agresif Siswa di SMP Negeri 4 Ungaran.”
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Alfabeta.
Widia, Lidia. 2019. “Metode Pada Penelitian Ini Menggunakan Rancangan Analitik dengan Pendekatan Cross Sectional Yaitu Suatu Penelitian Untuk Mempelajari Hubungan Antara Variabel Independen Dengan Variabel Dependen dengan Pengukuran Sekali dan Dalam Waktu yang Manfaat Pemberi.” 2(1): 40–46.
Yusuf LN, Haji. 2016. Pisikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung : Remaja Rosda karya.
Sujarweni, V. W. (2014). SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka baru Press.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Esli Den, Yurensi Felni Tjingaisa
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.